Jumat, 28 Januari 2011

RANGKUMAN DIGITAL CULTURE BAB 8


BAB 8
 
Kesenjangan digital: kelangkaan, ketimpangan dan konflik
Akademisi umumnya mendefinisikan kesenjangan digital sebagai terutama tentang jeda yang ada antara orang-orang yang memiliki akses ke media digital dan internet dan mereka yang tidak memiliki akses (lihat Norris 2001; Meredyth et al;. 2003 Servon 2002; Holderness 1998; Haywood 1998 Kesenjangan dalam kepemilikan dan akses media ini secara potensial dapat mempengaruhi akses ke informasi dari Internet dengan masyarakat yang kurang beruntung dan juga menciptakan atau memperkuat sosio-ekonomi ketidaksetaraan berdasarkan marjinalisasi digital dari kelas miskin dan daerah dunia.Sebagai contoh, pada tahun 1999 Thailand telah seluler telepon lebih dari seluruh Afrika sedangkan Amerika Serikat memiliki komputer lebih dari seluruh dunia gabungan (lihat UNDP 1999: 75). Demikian pula, di sekitar periode yang sama, negara-negara industri (yang memiliki kurang dari 15 persen dari orang-orang di dunia) memiliki 88 persen dari Internet pengguna Amerika Utara saja (dengan kurang dari 5 persen dari orang-orang) memiliki lebih dari 50 persen dari semua pengguna (HDP 2003: 75) Dengan demikian ketidakseimbangan, atau perbedaan dari difusi media digital dan Internet-informasi antara kaya dan informasi-miskin di seluruh dunia secara umum telah digunakan sebagai utama mendefinisikan kriteria kesenjangan digital di mana akses universal ke New Media adalah dilihat sebagai bagian dari solusi terhadap tantangan pembangunan dan demokratisasi yang menghadapi banyak komunitas di seluruh dunia (lihat Bab 9). Namun, beberapa sarjana percaya bahwa masalah kesenjangan digital multidimensi dan lebih kompleks dari sekadar persoalan akses ke digital media dan internet oleh berbagai negara orang, dan wilayah (lihat Hassan 2004; Norris 2001; Servon 2002 Mereka berpendapat bahwa mendefinisikan membagi hanya atas dasar akses ke komputer dan internet sebenarnya sederhana dan tidak melemahkan hanya keseriusan masalah, tetapi juga kemungkinan solusi untuk masalah dalam hal kebijakan publik. Seperti Lisa Servon berpendapat, kesenjangan digital 'telah didefinisikan sebagai masalah akses dalam arti sempit kepemilikan atau izin untuk menggunakan dan Internet '(Servon 2002: 4 Dia berpendapat bahwa kepemilikan dan akses melakukan belum tentu jumlah untuk digunakan dalam semua kasus karena beberapa orang yang memiliki akses mungkin pengguna tidak terampil dari internet atau dalam kasus di mana mereka memiliki keterampilan, mereka mungkin tidak menemukan konten online yang relevan untuk menjadi pengguna konsisten Meskipun akses fisik ke komputer dan internet tentunya merupakan salah satu variabel kunci untuk mendefinisikan kesenjangan digital, ada kebutuhan untuk memperluas konsep tersebut dengan melihat bagaimana faktor-faktor lain seperti membaca, literasi teknologi, konten, bahasa, jaringan dan biaya yang berhubungan dengan akses internet, membantu dalam pemahaman tentang kesenjangan digital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar